5 fakta diem coin

5 Fakta Diem Coin, Proyek Kripto Meta yang Mengalami Kegagalan

Di tengah meningkatnya minat masyarakat terhadap investasi kripto, justru para investor malah dikejutkan dengan diberhentikannya proyek cryptocurrency milik salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yaitu Meta (facebook) bernama Diem Coin di tengah meningkatnya resistensi dari regulator.

Padahal, Diem Coin digadang-gadang sebagai salah satu proyek akbar dari Meta setelah dikembangkan selama bertahun-tahun. Dimana berdasarkan kabar terbaru, kekayaan intelektual dari jaringan pembayaran Diem beserta aset lainnya juga akan dijual kepada Silvergate Capital Corp.

Namun, apa sebenarnya Diem Coin dan bagaimana nasibnya ke depan setelah perkembangan proyeknya telah secara resmi dinyatakan gagal? Yuk simak fakta-fakta Diem Coin di bawah ini!

Meta Memiliki Sepertiga dari Aset Diem Coin

Walaupun dinilai sebagai salah satu proyek akbar yang dikembangkan oleh Meta, nyatanya Diem Coin hanya dimiliki oleh perusahaan ini sekitar sepertiganya saja.

Dimana berdasarkan laporan dari Bloomberg,  asosiasi yang mengawasi Diem Coin ini sedang mempertimbangkan untuk menjual proyeknya agar dapat mengembalikan modal kepada para anggotanya dengan meta memiliki sepertiga dari aset proyek tersebut.

Selebihnya, aset Diem Coin dimiliki oleh banyak perusahaan lainnya yang bertindak sebagai investor seperti Shopify, Union Square Ventures, hingga Uber yang juga harus dikembalikan modalnya.

Problematik Sejak Awal Pengembangannya

Kegagalan Diem Coin ini bahkan telah diprediksi oleh berbagai ahli mengingat banyaknya problematika yang dihadapi sejak awal pengembangannya. Sebab, mata uang ini pernah mengalami perubahan nama pada Desember 2020 menjadi Diem saat kekhawatiran mulai meningkat.

Tidak hanya itu saja, proyek Diem Coin juga mengalami banyak masalah terlebih saat salah satu eksekutif  yang menyebabkan Meta merambah ke cryptocurrency yaitu David Marcus memutuskan untuk meninggalkan perusahaan untuk memulai wirausaha.

Sejak saat itulah mulai semakin banyak problematika yang dihadapi Diem Coin seperti mitra telah kabur dari proyek, legislator yang melakukan kritik atas rencana tersebut, hingga rincian yang telah bergeser.

Bahkan, Diem juga mengalami tekanan regulasi yang besar-besaran karena otoritas keuangan AS khawatir perusahaan ini akan berpotensi untuk mengambil alih keuntungan yang terlalu banyak dalam sektor ini

Alasan Facebook Merambah ke Cryptocurrency

Belum banyak orang yang mengetahui bahwa Diem COin bukanlah merupakan cryptocurrency Facebook. Sebab awalnya, proyek mata uang tersebut milik Asosiasi Diem. Awalnya, Proyek Diem Coin ini dibuat untuk memberdayakan miliaran orang agar dapat menggunakan mata uang tersebut tanpa menggunakan rekening bank.

Memang sejak awal facebook telah memiliki minatnya tersendiri pada uang digital sebelum merencanakan proyek Diem. Keinginan inilah yang mendorong Zuckerberg untuk membuat uang dapat dikirim dengan mudah secara online dan sederhana. Jadi Diem dirancang untuk melaksanakan misi tersebut dengan mempermudah dan menjadi pilihan yang murah bagi orang untuk mengirimkan uang secara online.

Meta Tidak Memiliki Kendali Langsung Atas Diem Coin

Meta adalah salah satu anggota Asosiasi Diem yang berharap anggotanya saat itu terus tumbuh bahkan menjadi Asosiasi itu menjadi 100 perusahaan, yang sebagian besar akan menghasilkan $10 juta.

Setiap anggota akan memiliki hak suara yang sama di asosiasi, jadi Meta secara teknis tidak memiliki suara lebih banyak atas keputusan asosiasi daripada anggota lainnya dan tidak memiliki kendali langsung atas segala regulasi yang diputuskan untuk Diem Coin. Akan tetapi banyak yang mengatakan bahwa Meta memainkan peran yang sangat besar dalam fase awal proyek.

Anggota Asosiasi yang Terus Mengundurkan Diri

Kegagalan Diem Coin juga didukung oleh banyaknya anggota asosiasi dari Diem itu sendiri yang mengundurkan diri. Bahkan, seperempat dari 28 anggota pendiri keluar sebelum pertemuan perdana asosiasi di Jenewa.

Mereka yang keluar ini termasuk diantaranya adalah PayPal, eBay, Stripe dan raksasa jasa keuangan Visa dan Mastercard. Hal tersebut tentu merupakan kerugian besar karena para anggota tersebut membawa keahlian di bidang pembayaran dan transfer teknologi.

Update Berita Terbaru Seputar Kripto dengan Aplikasi WikiBit

 

aplikasi wikibit

Bagi investor kripto update berita mengenai isu dan kabar terbaru mengenai segala hal yang terjadi di dalam dunia blockchain menjadi sangat penting dan menarik untuk membantu mempertajam analisis dan pengambilan keputusan saat akan berinvestasi.

Kabar baiknya, kini kamu bisa mendapatkan berbagai update berita mengenai segala hal yang terjadi pada pergerakan kripto hingga kumpulan data lengkap yang dibutuhkan saat akan melakukan analisis ini dengan mudah hanya dalam satu platform saja yaitu Aplikasi WikiBit, aplikasi yang pro investor.

Tertarik jadi investor pro yang selalu up to date dengan keadaan dunia blockchain saat ini? Yuk download aplikasi WikiBit dengan mudah hanya di playstore dan apps store pada smartphonemu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *