Agen Asuransi : Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Agen asuransi adalah sebuah tempat untuk menghadirkan pertolongan kepada calon nasabah yang berkaitan dengan produk asuransi. Dengan adanya agen ini, kemungkinan dapat meminimalisirkan orang agar terhindar dari kerugian finansial yang berlebihan.

Pengertian Agen Asuransi

Agen asuransi adalah badan hukum atau perorangan yang menawarkan jasa, dengan cara melakukan pemasaran produk asuransi melalui perusahaan yang bergerak dalam industri asuransi.

Menurut peraturan OJK, agen ini bisa bertindak jika sudah memenuhi syarat perusahaan asuransi yang berlaku pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 Perasuransian.

Jika menengok tentang etika asuransi, maka agen asuransi hanya boleh memasarkan produk dari perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Hal ini karena berkaitan tentang perpanjangan kontrak perusahaan asuransi dalam perjanjian yang dibuat bersama calon nasabah.

Dengan demikian, biasanya agen asuransi akan diberi target tertentu dari perusahaan yang memang sudah terdaftar di asosiasi asuransi yang resmi. Tentunya agen ini akan melakukan pemasaran dengan menyeluruh, sehingga komisi yang mereka dapatkan akan lebih banyak.

Cara Kerja Agen Asuransi

Agen asuransi memiliki cara kerjanya tersendiri, yakni mereka akan menawarkan produk kepada calon nasabah yang dirasa memang potensial. Jika sudah berhasil ditemukan, agen harus memasarkan produk agar calon nasabah membeli produk tersebut. Namun, untuk segala prosesnya memang terbilang tidak mudah.

Agar prospek calon nasabah berjalan lancar, cara agen asuransi adalah dengan mempresentasikan produk asuransi secara jelas. Agen asuransi harus memberikan penjelasan tentang manfaat, bonus, sampai risiko sekalipun. Selain itu, agen ini juga harus cekatan dan mampu dalam menjawab seluruh pertanyaan dari nasabah.

Nah, setelah nasabah berhasil tertarik, maka proses akan berlanjut pada tanda tangan kontrak yang sesuai dengan syarat dan ketentuan perusahaan. Kemudian, agen asuransi akan mendapatkan keuntungan berupa komisi dari tanda tangan kontrak dan penjualan produk asuransi tersebut.

Keuntungan Bekerja Sebagai Agen Asuransi

Berikut beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika bekerja menjadi agen asuransi.

1. Jam Kerja Fleksibel

Jika kamu pribadi yang tidak suka jam kerja yang padat, maka agen asuransi adalah pekerjaan yang terbaik untuk dilakukan. Mengapa demikian? karena agen asuransi memiliki jam kerja yang terbilang fleksibel. Meskipun memang memiliki risiko yang dadakan, misalnya seperti harus selalu siap 24 jam dalam melayani permintaan calon nasabah.

2. Komisi yang Menguntungkan

Komitmen dan selalu konsisten adalah kunci sukses menjadi agen asuransi. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan keuntungan dari komisi yang perusahaan asuransi berikan. Namun, perusahaan asuransi biasanya memberikan komisi dengan presentasi berbeda-beda.

Secara umum, agen akan mendapatkan komisi sebesar 5%-30% saja. Tentunya akan meningkatkan secara signifikan, jika kerja agen membuahkan hasil yang bagus.

3. Pengalaman Kerja

Ketika menjadi agen asuransi, otomatis kamu akan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda-beda. Nah, dari berbagai pertemuan tersebut, kamu akan dapat mempelajari karakter orang-orang secara langsung. Bagi kamu yang suka bertemu orang baru,maka pengalaman kerja ini sangatlah cocok.

Salah satu tugas agen asuransi adalah memahami bagaimana karakter orang-orang dan cara menghadapinya. Tentunya ini akan menjadi tantangan tersendiri, agar calon nasabah semakin yakin membeli produk asuransi.

Kesimpulan

Banyaknya perusahaan asuransi yang mulai muncul dengan layanan digital canggih, tentu membuat industri asuransi semakin luas. Meskipun adanya perubahan ke digital, agen asuransi adalah cara yang masih banyak dibutuhkan oleh calon nasabah dalam memenuhi kebutuhan mereka tentang produk asuransi. Tidak terkecuali asuransi mobil terbaik yang dibutuhkan oleh nasabahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *